Info BKD
DSC_0009-640x280

Pelantikan Pejabat ASN Dilingkungan Pemkot Pontianak

Sebanyak 56 pejabat administrasi setara Eselon III, IV dan V di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak dilantik Wali Kota Pontianak, Sutarmidji di Aula Sultan Syarif Abdurrahman (SSA) Kantor Wali Kota, Rabu (18/5). Pejabat setara eselon yang dilantik terdiri dari Eselon III/a sebanyak 5 orang, III/b sejumlah 14 orang, IV/a 20 orang, IV/b 12 orang dan V/a 5 orang. Sedangkan 5 orang pejabat di jajaran Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pontianak, terdiri dari eselon II/b 1 orang yakni Kepala Disdukcapil, eselon III/a 1 orang dan eselon III b sejumlah 3 orang, dikukuhkan kembali dengan Surat Keputusan (SK) Menteri Dalam Negeri RI.

Pelantikan ini untuk mengisi kekosongan jabatan serta sebagai persiapan bagi pejabat yang memenuhi syarat mengikuti tes menduduki jabatan setara eselon II. Selain itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pontianak yang tidak lama lagi memasuki masa pensiun, sehingga akan ada pejabat eselon II yang naik menduduki jabatan Sekda.

Namun, Sutarmidji sengaja mengosongkan dua jabatan camat yakni Camat Pontianak Tenggara dan Pontianak Barat, sebab dirinya ingin menguji kemampuan sekretaris camat (sekcam) di dua kecamatan itu apakah mampu atau tidak mengemban jabatan sebagai camat. Meskipun diakuinya, kedua sekcam itu sudah bisa menduduki jabatan camat tetapi mereka diuji selama setahun sebagai sekcam. “Camat ada dua yang kosong, saya sengaja kosongkan. Saya mau uji dulu sekretarisnya apakah mampu atau tidak,” ujarnya.

Menurutnya, untuk pejabat Eselon IV, dari 100 orang yang telah melalui tes kompetensi, 97 orang diantaranya memenuhi syarat dan 3 orang masih masuk kategori memenuhi syarat. Artinya, sebanyak 97 persen nilanya bagus. Namun, lanjut Sutarmidji, ada juga pejabat yang dites Intelligence Quotient (IQ)-nya mencapai skor 124 hingga 126, tetapi untuk scorefit, yakni berkaitan dengan pengembangan diri dan lain sebagainya, nilainya kurang. “Ada orang pintar tetapi dia tidak bisa memimpin anak buahnya. Jadi, tidak mudah menempatkan seseorang itu pada suatu posisi atau jabatan,” pungkasnya.

© Copyright %year%, All Rights Reserved. | Designed by Mrbow Studio