Info BKD
upacara-oke

Profesionalisme ASN

Bersama KORPRI Meneguhkan Netralitas dan Meningkatkan Profesionalisme Aparatur Sipil Negara”

Didalam sambutan tertulisnya Presiden Republik Indonesia Joko Widodo Selaku Penasihat Nasional KORPRI Pada Hari Ulang Tahun Ke-45 KORPRI Tahun 2016 mengingatkan bahwa pengabdian anggota KORPRI bukanlah kepada kepentingan kelompok maupun individu melainkan pengabdian anggota KORPRI hanyalah kepada negara, bangsa dan rakyat.
Presiden Republik Indonesia juga menyatakan agar Indonesia bisa menjadi bangsa pemenang dalam era kompetisi globa, maka rakyat membutuhkan anggota KORPRI yang disiplin, bertanggung jawab dan berorientasi kerja. Segera tinggalkan pola pikir masa lalu seperti ego sektoral, mental priyayi, mental penguasa dan mental koruptif yang hanya terpaku pada formalitas belaka.
Selanjutnya didalam sambutan tersebut Presiden Joko Widodo meminta anggota KORPRI berada digaris terdepan dalam pemberantasan korupsi dan pungli termasuklah dalam peningkatan kualitas pelayanan publik. Presiden juga meminta agar setiap anggota KORPRI memfokuskan energinya pada intisari dari pelayanan publik yaitu memberikan pelayanan terbaik kepada rakyat. Anggota KORPRI haruslah menjadi aset bangsa yang menjadi bagian dari solusi bangsa dan bukannya bagian dari masalah bangsa.
Hal ini dapat diartikan pula bahwa anggota KORPRI harus terus melakukan inovasi inovasi agar pelayanan publik bisa makin murah, makin cepat, makin akurat, dan makin baik. Hilangkan berbagai kendala yang dapat mengurangi produktivitas dan penghambat akselerasi laju pembangunan nasional.
KORPRI akan segera bertransformasi menjadi Korps Profesi Pegawai Aparatur Sipil Negara RI jelas Presiden didalam sambutan tertulisnya. Dalam bentuk baru itu menurut presiden, fungsi pemerintahan yang diemban berupa pembinaan dan pengembangan profesi Aparatur Sipil Negara, memberikan perlindungan hukum dan advokasi kepada anggota ASN, memberikan rekomendasi terhadap pelanggaran kode etik dan kode prilaku serta meningkatkan kesejahteraan anggotanya.
Presiden dalam sambutan tertulisnya juga mengharapkan Korps Profesi Pegawai Aparatur Sipil Negara RI menjadi pusat inovasi dan tempat lahirnya loncatan loncatan kemajuan dalam peningkatan kualitas pelayanan publik. Sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari pemerintahan, korps berperan menjaga kode etik profesi, standar pelayanan profesi dan mewujudkan jiwa Korps Aparatursipil Negara sebagai pemersatu bangsa.
Sejalan dengan apa yang disampaikan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, Walikota Pontianak, Sutarmidji di Hari Ulang Tahun (HUT) KORPRI ke-45 yang diadakan di halaman parkir Kantor Wali Kota, Selasa (29/11/2016), juga meminta jajaran di Pemerintahan Kota (Pemkot) Pontianak untuk terus meningkatkan kinerjanya terutama sektor layanan publik. Meskipun menurutnya beberapa item sudah mencapai titik puncak dari sisi percepatan dan transparansi layanan publik. “Tinggal bagaimana mempertahankannya dan terus melakukan inovasi. Inovasi-inovasi yang kita lakukan sudah diakui sebagai yang terbaik yang ada di Indonesia, sehingga kita terus menjaga dan meningkatkan itu,”
Dalam kesempatan tersebut Walikota Pontianak menilai, inovasi dalam percepatan layanan publik sudah semestinya sejalan dan selaras. Hal itu sudah dilakukan pihaknya dalam meningkatkan pelayanan publik di Kota Pontianak. “Artinya inovasi yang baik tentu menghasilkan layanan publik yang baik pula,” sebutnya.
Wujud implementasi HUT KORPRI ke-45 di jajaran Pemkot Pontianak ini, sebanyak sembilan penghargaan berhasil diraih dalam bulan November ini. “Empat penghargaan diterima bertepatan tanggal 29 November hari ini. Ini juga merupakan suatu kebanggaan bagi jajaran KORPRI Kota Pontianak,” jelas Pak wali.
Selanjutnya Walikota Pontianak menyampaikan bahwa Jajaran Pemkot Pontianak berupaya memberikan pelayanan yang lebih cepat, lebih transparan, lebih murah dan lebih baik. Bahkan, Walikota Pontianak berkeinginan, pelayanan perizinan maupun layanan lainnya di Pontianak menjadi yang terbaik di Indonesia. “Itu obsesi saya, sebagian sudah kita wujudkan. Tinggal selangkah lagi menjadikan itu paripurna dalam pelayanan. Saya yakin Pontianak mampu mewujudkannya,” Selain itu juga disampaikan Lompatan besar berhasil dipacu dalam Indeks Pembangunan Kesehatan masyarakat di Kota Pontianak. Pembangunan kesehatan di Kota Pontianak sudah sejalan dan selaras sesuai kebutuhan masyarakat. Demikian pula Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Pontianak menduduki posisi tertinggi di Kalbar dengan nilai 77. Nilai itu di atas rata-rata daerah lainnya di Kalbar. “Itu menunjukkan pembangunan di bidang kesehatan, pendidikan, ekonomi di Pontianak selaras dengan keinginan dan kebutuhan masa sekarang,” tutur Pakwali.
Mendapati sambutan tertulis Presiden Republik Indonesia Selaku Penasihat Nasional KORPRI Pada Hari Ulang Tahun Ke-45 KORPRI Tahun 2016 dan sambutan Walikota Pontianak di Hari Ulang Tahun (HUT) KORPRI ke-45 di Pontianak, tentunya kita berharap, seluruh jajaran kepengurusan KORPRI baik di pusat maupun daerah, dapat menjadikan momentum Peringatan HUT Ke-45 KORPRI Tahun 2016 untuk meningkatkan kinerja, berinovasi dan meningkatan kualitas pelayanan publik.
Ayo KORPRI ! Bersama kita bisa ! (Ahmad Fadli)

© Copyright %year%, All Rights Reserved. | Designed by Mrbow Studio